Wujudkan Sistem Pendidikan Berlandaskan Pancasila

Voxpointindonesia–Sistem pendidikan Indonesia dinilai masih menyimpag dari Nilai-nilai Pancasila. Padahal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Landasan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam sistem pendidikan Indonesia masih ditemukan tata cara belajar mengajar yang tidak bernafaskan Pancasila. Bahkan ditemukan beberapa peraturan yang bertentangan dengan Pancasila.

Sebagai contoh adalah aturan penggunaan jilbab bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Sumatera Barat. Kebijakan ini telah menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat. Peraturan ini merupakan bentuk pemaksaan yang bertolak belakang dengan nilai-nilai Pancasila.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Direktorat Pendidikan dan Pancasila Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia menggelar Webinar Nasional. Acara ini dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, melalui zoom dan youtube Selasa, 1 Juni 2021.

Direktur Pendidikan Dewan Pimpinan Nasional Vox Point Indonesia, Indra Charismiadji mengatakan, Webinar ini sengaja diadakan pada momentum Hari Lahir Pancasila. Tujuannya agar bisa merefleksi sejauh mana kita jadikan Pancasila sebagai landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Lebih khusus dalam mewujudkan sistem pendidikan berlandaskan Pancasila.  

“Tujuan webinar ini agar kita mengetahui bagaimana tata kelola pendidikan berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Agar mengetahui apakah Pancasila benar menjadi dasar dalam sistem pendidikan? Hal ini sangat penting, mengingat Pendidikan merupakan pilar penting bagi pengembangan sumber daya manusia,” kata Indra yang juga Pengamat Pendidikan Nasional itu.

Indra menyebut, kegiatan ini juga untuk melahirkan indikator-indikator yang baru untuk merelevansikan nilai-nilai Pancasila dalam sistem pendidikan di Indonesia. Relevansi pemanfaatan teknologi dalam perwujudan nilai -nilai Pancasila.

“Juga untuk mengupas tuntas bagaimana perwujudan Pancasila menjadi nafas dalam Ilmu Pengetahuan pada sistem pendidikan di Indonesia. Serta memberikan gambaran sejatinya Pancasila menjadi corong pembetukan karakter ke Indonesiaan terhadap perkembangan generasi harapan bangsa,” ujar Indra.

Webinar ini bertajuk “Wujudkan Sistem Pendidikan Berlandaskan Pancasila”. Menghadirkan Keynote Speaker Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhajir Effedny. Dan nara sumbernya adalah MY Esti Wijayanti (Anggota Komisi X DPR RI), Frederikus Fios (Direktur Pancasila Vox Point Indonesia dan Manager CBDC Binus University), Henny Supolo Sitepu (Ketua Yayasan Cahaya Guru) dan Adi Kurniawan (Direktur Ideologi dan Politik Nation and Character Building Institute).

Acara ini dimoderatori Indra Charismiadji (Direktur Pendidikan Vox Point Indonesia dan Pengamat Pendidikan Nasional) dan Pemandu Acara Lidya Natalia Sartono (Wakil Ketua Umum Vox Point Indonesia dan Direktur Ideologi dan Politik Nation and Character Building Institute). Dibuka oleh Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handojo Budhisedjati.